Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEKERUHAN AIR DENGAN PENYARINGAN AIR DALAM TANDON MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS (IoT) BERBASIS WEMOS D1 MINI VIA ANDROID

YUDHA BAGUS PRASETYA, - (2022) RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEKERUHAN AIR DENGAN PENYARINGAN AIR DALAM TANDON MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS (IoT) BERBASIS WEMOS D1 MINI VIA ANDROID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Laporan_Yudha(Validasi).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tandon merupakan salah satu wadah penyimpanan air yang sering digunakan oleh masyarakat. Peraturan Menteri kesehatan No. 416 tahun 1990 menimbang bahwa dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat indonesia perlu dilaksanakan pengawasan kualitas air secara intensif. Pada peraturan yang sama di lampiran II menyatakan bahwa kadar kualitas air bersih adalah 25 NTU. Peneliti menemukan masalah air keruh dalam tandon air di jalan Lega sari,Pekanbaru. Warga yang tinggal didaerah ini banyak menggunakan tandon air sebagai penyimpanan air. Tandon yang diletakkan 4 meter di atas permukaan tanah menyebabkan pengguna jarang melakukan pembersihan seperti penyaringan air keruh. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang alat pendeteksi kekeruhan air dengan penyaringan air dalam tandon menggunakan IoT via Android. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang merupakan penelitian untuk meneliti dan mengembangkan suatu produk. Sensor turbidity merupakan sensor yang digunakan untuk mendeteksi kekeruhan air. Wemos yang digunakan adalah wemos d1 mini. Kemudian cara kerja alat ini dimulai dengan sensor turbidity membaca kekeruhan air, dan jika sensor membaca kekeruhan >25 NTU maka status kekeruhan air pada Android akan berubah menjadi keruh. Sementara itu proses penyaringan air dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Android dan menekan tombol on/off. Pompa penyaring dapat dikendalikan melalui Android hingga jarak 10 meter dan sensor turbidity dapat menggirimkan status kekeruhan secara realtime ke Android selama terhubung jaringan internet. Wemos d1 mini, IoT, Tandon, Android, Sensor Turbidity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:51
Last Modified: 15 Jun 2022 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60442

Actions (login required)

View Item View Item