PENGARUH PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPEJIGSAW BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 35 PEKANBARU

Mushbar Rabby Fadhilla, (2014) PENGARUH PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPEJIGSAW BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 35 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan kartu masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 35 Pekanbaru yang berjumlah 191 orang dan objek penelitian ini adalah komunikasi matematika siswa SMP Negeri 35 Pekanbaru.. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan dua pertemuan lagi dilaksanakan pretest dan postes. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji tes”t”. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Ini dapat dilihat dari perbandingan to dengan tt, dimana pada taraf 5% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (5,37 > 1,67) dan pada taraf 1% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (5,37 > 2,39). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan kartu masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 22:11
Last Modified: 30 Jul 2016 22:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item