TEKNIK EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PEKANBARU

Bil Hakki Putra, (2014) TEKNIK EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sebagai suatu proses interaksi peserta didik dengan lingkungan pendidikan akan sulit diketahui tingkat keberhasilannya apabila tidak dikaitkan dengan evaluasi hasil. Apakah anak sudah memiliki karakter jujur dan karakter karakter lainnya atau belum, memerlukan suatu evaluasi. Jadi evaluasi untuk pendidikan karakter memiliki makna suatu proses untuk menilai kepemilikan suatu karakter oleh anak yang dilakukan secara terencana, sistematis, sistemik, dan terarah pada tujuan yang jelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan teknik evaluasi pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pekanbaru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan apa faktor faktor yang mempengaruhi Teknik evaluasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pekanbaru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. adapun Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pekanbaru. Adapun objek penelitian ini adalah teknik evaluasi pendidikan karakter pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pekanbaru. Populasi penelitian ini ada 2 orang guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan ialah teknik analisa deskriptif kualitatif Hasil dari penelitian ini adalah, pertama: Pelaksanaan Teknik Evaluasi Pendidikan Karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pekanbaru di kategorikan cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil persentase yang diperoleh dari pengolahan data adalah 50 %. Kedua: Faktor faktor yang mempengaruhinya adalah latarbelakang pendidikan salah satu guru yang bukan dari jurusan pendidikan islam, kemampuan dan pengalaman guru yang belum maksimal, Guru kesulitan dalam menjalankan teori, Pengawasan dan kontrol atau dorongan dari kepala sekolah yang belum maksimal dalam lingkup evaluasi pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 22:00
Last Modified: 30 Jul 2016 22:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item