INDRI FEBRIYANI, - (2022) STUDI LITERATUR TENTANG PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
|
Text
SKRIPSI INDRI FEBRIYANI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Indri Febriyani (2022): Studi Literatur Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP Pembelajaran sekarang kebanyakan berpusat pada guru (teacher center) yang menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan berpikir siswa, kurangnya penguasaan konsep, siswa cenderung pasif, enggan dan takut untuk mengungkapkan pendapat mereka di kelas, serta tidak memiliki keterampilan proses dalam belajar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP yang dikaji berdasarkan literatur review jurnal. Metode yang digunakan ialah tinjauan pustaka sistematik (systematic literature review) dengan menggunakan diagram PRISMA. Database yang digunakan untuk mencari literatur yaitu Google Scholar dan ResearchGate. Agar literatur yang terpilih relavan, pencarian menggunakan kata kunci model inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, peserta didik SMP. Selanjutnya melakukan penyaringan untuk mendapatkan publikasi artikel ilmiah sejak tahun 2016 hingga 2021 yang membahas pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP. Hasil pencarian artikel ilmiah terdapat 13 artikel yang akan dianalisis dan disintesis. Teknik analisis yang digunakan adalah metode naratif dengan mengelompokkan data yang telah diekstraksi. Hasil penelitian ini ialah model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan hasil yang signifikan dan memberikan hasil positif terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP dikarenakan model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik khususnya SMP, yang artinya guru membimbing perserta didik melakukan kegiatan dengan memberikan pertanyaan diawal dan mengarahkan pada suatu diskusi, peserta didik mencari dan menemukan jawaban dari suatu pertanyaan sehingga dapat memecahkan masalah dan membentuk sikap ilmiah pada peserta didik. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, SMP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 08:59 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |