PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PASANG BAGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 005 HANGTUAH KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Arif Budiman, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PASANG BAGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 005 HANGTUAH KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( class action research) yang bertitik tolak pada rumusan masalah yaitu apakah strategi pembelajaran aktif pasang bagi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada materi perjuangan pahlawan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDN 005 Hangtuah. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VA dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif pasang bagi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus empat kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut : 1.) Perencanaan, 2.)Pelaksanaan tindakan, 3.) Observasi dan 4.) Refleksi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian singkat atau essay. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan pahlawan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 64.46%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya yakni 72.08%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif pasang bagi dalam pembelajaran IPS materi perjuangan pahlawan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:53
Last Modified: 30 Jul 2016 21:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item