PENERAPAN STRATEGI KURSI PANAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 15 PEKANBARU

Ali Rahman, (2014) PENERAPAN STRATEGI KURSI PANAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui strategi kursi panas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi kursi panas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan alat pernapasan pada manusia dan hewan di kelas V SD Negeri 15 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi kursi panas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisa data dengan cara mencari ratarata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 28,57% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 25 orang atau ketuntasan mencapai 71,43%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 33 orang siswa atau dengan persentase 94,29%. Penerapan strategi kursi panas dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:45
Last Modified: 30 Jul 2016 21:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6029

Actions (login required)

View Item View Item