Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN TEPUNG UMBI GADUNG (Dioscorea hispida Dennts) DALAM RANSUM SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP BOBOT POTONG, PERSENTASE KARKAS DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER

SABARIAH, - (2022) PENGGUNAAN TEPUNG UMBI GADUNG (Dioscorea hispida Dennts) DALAM RANSUM SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP BOBOT POTONG, PERSENTASE KARKAS DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENGGUNAAN TEPUNG UMBI GADUNG (Dioscorea hispida Dennts) DALAM RANSUM SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP BOBOT POTONG, PERSENTASE KARKAS DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER Sabariah (11681200037) Di bawah bimbingan Elfawati dan Yendraliza INTISARI Gadung merupakan tanaman liar yang kurang dimanfaatkan oleh manusia yang biasa hidup di hutan-hutan maupun perkebunan sehingga memiliki potensi untuk dijadikan sebagai bahan pakan ayam broiler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung umbi gadung dalam ransum terhadap bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal ayam broiler. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2021 di Laboratorium UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Materi penelitian menggunakan 80 ekor DOC ayam broiler (CP 707). Metode penelitian adalah eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan, setiap perlakuan terdiri dari 4 ekor ayam broiler. Perlakuan yaitu P1 (0% tepung umbi gadung), P2 (5% tepung umbi gadung), P3 (10% tepung umbi gadung) dan P4 (15% tepung umbi gadung). Peubah yang diukur adalah bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Hasil analisis ragam menunjukkan pemberian tepung umbi gadung hingga level 15% berpengaruh sangat nyata (P<0,01) menurunkan bobot potong dan persentase karkas, namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap persentase lemak abdominal ayam broiler. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa umbi gadung dapat diberikan sampai 5% dalam ransum basal dilihat dari bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal, dan penggunaan tepung umbi gadung dalam ransum basal sampai dengan 15% menurunkan bobot potong dan persentase karkas ayam broiler namun tidak meningkatkan persentase lemak abdominal ayam broiler. Kata kunci : Ayam broiler, bobot potong, karkas, lemak abdominal, tepung umbi gadung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 31 May 2022 02:34
Last Modified: 31 May 2022 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60199

Actions (login required)

View Item View Item