Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS

NURUL SAHRI RAHMADHANI, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Sahri Rahmadhani, (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi himpunan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs AL-Mujtahadah karena masih belum tersedianya bahan ajar yang dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah para ahli berasal dari dosen, guru, dan siswa MTs Al-Mujtahadah. Intsrumen penelitian berupa instrumen lembar validitas yang terdiri dari lembar validasi angket uji validitas ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan, serta lembar validitas angket uji validitas kepraktisan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus presentase untuk validitas, praktikalitas dan Uji-T untuk efektivitas. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis CTL dinyatakan dalam kategori valid dengan tingkat kevalidan 77,33%. Berdasarkan uji kepraktisan, LKS berbasis CTL dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 82,75%. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dinyatakan efektif dengan t_hitung > t_tabel atau 15,72 > 1,74. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis CTL pada materi himpunan dikatakan valid, praktis, dan efektif, serta dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 May 2022 01:05
Last Modified: 30 May 2022 01:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60158

Actions (login required)

View Item View Item