Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI KELAS IV SDN 006 MEKAR SARI DUMAI

DINI SYUKRIANI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI KELAS IV SDN 006 MEKAR SARI DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img]
Preview
Text
BAB 1-BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

ABSTRAK Dini Syukriani, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Muatan Pelajaran IPA Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas IV Di SDN 006 Mekar Sari Dumai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual pada muatan pelajaran IPA materi cahaya dan sifat- sifatnya siswa kelas IV di SDN 006 Mekar Sari Dumai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 12 orang siswa IVB SDN 006 Mekar Sari Dumai. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan hanya mencapai 60,83% dengan kategori kurang kritis. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 70,42% dengan kategori kurang kritis. Setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 77,08% dengan kategori cukup kritis. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IVB SDN 006 Mekar Sari Dumai. Kata Kunci: Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 May 2022 06:49
Last Modified: 23 May 2022 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60059

Actions (login required)

View Item View Item