Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENAMBAHAN TEPUNG ISI RUMEN SAPI FERMENTASI DALAM RANSUM TERHADAP PROVENTRIKULUS, VENTRIKULUS, USUS HALUS DAN USUS BESAR AYAM RAS PEDAGING

RAHMAH HIDAYAH, - (2022) PENAMBAHAN TEPUNG ISI RUMEN SAPI FERMENTASI DALAM RANSUM TERHADAP PROVENTRIKULUS, VENTRIKULUS, USUS HALUS DAN USUS BESAR AYAM RAS PEDAGING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENAMBAHAN TEPUNG ISI RUMEN SAPI FERMENTASI DALAM RANSUM TERHADAP PROVENTRIKULUS, VENTRIKULUS, USUS HALUS DAN USUS BESAR AYAM RAS PEDAGING Rahmah Hidayah (11880122139) Di bawah bimbingan Eniza Saleh dan Jully Handoko INTISARI Isi rumen sapi adalah salah satu limbah yang diperoleh dari rumah potong hewan yang kaya akan nutrisi dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ayam ras pedaging. Fermentasi isi rumen sapi dilakukan untuk menurunkan serat kasar pada ransum agar bisa dicerna oleh unggas, dengan demikian dapat mempertahankan ukuran dan berat organ pencernaan. Nutrisi yang terkandung dalam tepung isi rumen sapi fermentasi yaitu protein kasar 10,25%; lemak kasar 1,73%; serat kasar 30,62%; dan energi metabolisme 3.562,13 kkal/kg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tepung isi rumen sapi fermentasi dalam ransum terhadap organ pencernaan ayam ras pedaging yang meliputi: proventrikulus, ventrikulus, usus halus dan usus besar. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2021 di kandang percobaan Laboratorium UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) dan Laboratorium Teknologi dan Produksi Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 (lima) perlakuan dan 4 (empat) ulangan. DOC yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 80 ekor dan 40 ekor sebagai sampel. Tiap-tiap perlakuan terdiri atas 4 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan terdiri dari 5 level tepung isi rumen sapi fermentasi yaitu (0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10%). Parameter yang diukur adalah bobot proventikulus, bobot ventrikulus, bobot dan panjang usus halus, bobot dan panjang usus besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan tepung isi rumen sapi fermentasi sampai level 10% dalam ransum memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap bobot proventikulus, bobot ventrikulus, bobot dan panjang usus halus, bobot dan panjang usus besar pada ayam ras pedaging. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian tepung isi rumen sapi fermentasi dalam ransum basal ayam ras pedaging sampai level 10% dapat mempertahankan bobot dan panjang organ pencernaan ayam ras pedaging. Kata kunci: Fermentasi, isi rumen sapi, ransum, proventrikulus, ventrikulus, usus halus, usus besar, ayam, pedaging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:42
Last Modified: 27 Apr 2022 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59940

Actions (login required)

View Item View Item