Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG FERMENTASI ISI RUMEN SAPI DALAM RANSUM TERHADAP KADAR KOLESTEROL, TRIGLISERIDA DAN HDL PADA DAGING BROILER

RAHMAD HIDAYAT, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG FERMENTASI ISI RUMEN SAPI DALAM RANSUM TERHADAP KADAR KOLESTEROL, TRIGLISERIDA DAN HDL PADA DAGING BROILER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG FERMENTASI ISI RUMEN SAPI DALAM RANSUM TERHADAP KADAR KOLESTEROL, TRIGLISERIDA, DAN HDL PADA DAGING BROILER Rahmad Hidayat (11880113562) Di bawah bimbingan Eniza Saleh dan Jully Handoko INTISARI Isi rumen sapi merupakan limbah rumah potong hewan (RPH) yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyusun ransum broiler kerena kaya akan kandungan nutrisi yang di antaranya protein 10,25%; lemak 1,73%, serat kasar 30,62%; kalsium 0,80%; fosfor 0,26%. Kadar kolesterol dan trigliserida dengan jumlah yang berlebihan pada daging dapat mengganggu kesehatan, kerena kolesterol dan trigliserida pada manusia juga terbentuk dari makanan berlemak yang di konsumsi. Kolesterol dapat menurun jika kadar HDL meningkat, kerena HDL berperan dalam membawa dan membersihkan kolesterol dari berbagai organ untuk kembali ke hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan beberapa level tepung fermentasi isi rumen sapi dalam ransum basal terhadap total kolesterol (TCHO), trigliserida (TG) dan High Density Lipoprotein (HDL). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November hingga Desember 2021 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS), Laboratorium Produksi Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan laboratorium klinik swasta di Kota Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 (lima) perlakuan dan 4 (empat) ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri dari 5 level tepung isi rumen sapi fermentasi (0%, 2,5%, 5%, 7,5% dan 10%). Parameter yang diukur adalah total kolesterol, trigliserida, dan HDL pada daging broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung isi rumen sapi fermentasi hingga level 10% dalam ransum memberikan pengaruh tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap kadar kolesterol, trigliserda dan HDL daging broiler, yaitu rataan kadar kolesterol berkisar antara 0,06-0,10 mg/g, trigliserida 108,72-153,12 mg/dl dan HDL 8,02-14,55 mg/dl. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan tepung isi rumen sapi fermentasi di dalam ransum basal hingga level 10% berpengaruh tidak berbeda nyata terhadap kadar kolesterol, trigliserida dan HDL pada daging broiler. Kata kunci : broiler, fermentasi, High Density Lipoprotein, isi rumen sapi, kolesterol, trigliserida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:03
Last Modified: 11 Apr 2022 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59732

Actions (login required)

View Item View Item