Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL SIGUNGGUNG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN LABUH BARU BARAT KECAMATAN PAYUNG SEKAKI DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

NISA ISTIKHOMAH, - (2022) PERANAN PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL SIGUNGGUNG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN LABUH BARU BARAT KECAMATAN PAYUNG SEKAKI DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NISA ISTIKHOMAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nisa Istikhomah (2022): Peranan Pengelolaan Pasar Tradisional Sigunggung Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Penciptaan lapangan usaha terdapat pula di pasar. Pasar sudah menjadi bagian yang melekat dari kehidupan bermasyarakat. Sebagian orang bahkan menggantungkan perkerjaan sehari-hari dari pasar. Keberadaan pasar menjadi sangat strategis untuk dikembangkan karena dengan kapasitasnya yang besar untuk menyerap tenaga kerja serta membuka lapangan usaha sebagai pedagang atau wiraswasta. Maka dari itu, keberadaan pasar sangatlah vital bagi masyarakat serta bagi perekonomian. Salah satu pasar tradisional yang terdapat di Kecamatan Payung Sekaki yaitu Pasar Tradisional Sigunggung yang terletak di Jalan Dharma Bakti Kelurahan Labuhbaru Barat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peranan Pasar Tradisional Sigunggung (2) mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Syariah terhadap peranan usaha Pasar Tradisional Sigunggung tersebut Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah 17 pedagang pasar Sigunggung, 7 pembeli di pasar Sigunggung, 1 Kepala Pasar tradisional Sigunggung, 1 staff Kelurahan, 2 tokoh agama, 1 petugas parkir dan 1 petugas kebersihan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik penulisan dengan menggunakan teknik induktif, deduktif, dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Pasar Tradisional Sigunggung memiliki peranan yang relevan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Peranan Pasar Sigunggung yaitu: pertama, harga produk lebih murah, kedua, produk yang dijual bervariasi, ketiga, waktu dan tempatnya yang strategis, keempat,peranan pasar sebagai lapangan pekerjaan, kelima, peranan ketergantungan pembeli dan keenam, peranan penyerapan pedagang wanita. Impementasi perilaku ekonomi Islam yang baik di pasar Sigunggung ini. Hal itu dapat dilihat dari menjaga kehalalan produk, adanya sistem tawar menawar, menjaga alat timbangan dan kebersihan, menghindari riba dan gharar, serta pengambilan keuntungan. Akan tetapi dari segi kebersihan masih kurang diperhatikan, masih kurangnya tempat sampah yang sediakan, dan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kata Kunci: Peranan, Pengelolaan, Pasar Tradisional, Meningkatkan Ekonomi dan Pasar dalam Sistem Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:03
Last Modified: 30 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59642

Actions (login required)

View Item View Item