Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP IMPLEMENTASI NILAI KEAGAMAAN PADA MAHASISWA ROHIS LSMI AL-MADANI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU

Ruzi Maizura, Ruzi (2021) PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP IMPLEMENTASI NILAI KEAGAMAAN PADA MAHASISWA ROHIS LSMI AL-MADANI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada aqidah dan akhlak generasi milenial yang mempengaruhi sikap nilai dalam beragama. Kegiatan Mentoring merupakan suatu kegiatan atau dijalan dakwah yang harus dilakukan dengan hikmah agar apa saja yang ingin dicapai dalam meningkatkan keimanan dan meluruskan akidah dapat tercapai. Karena dalam kegiatan mentoring tidak hanya pemberian materi tentang pemahaman ajaran Islam yang berkaitan dengan aqidah dan akhlak saja tetapi diharapkan juga ada aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga apa yang disampaikan bisa tertuju pada sasaran yang tepat dan bisa bemanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kegiatan Mentoring terhadap Implementasi Nilai Keagamaan pada mahasiswa Rohis LSMI Al-Madani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa anggota Rohis LSMI Al-Madani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau dan agar tepat sasaran maka penulis menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling untuk mendapatkan sampel. Maka diperoleh jumlah sampel 35 orang. Penulis menggunakan kuisioner dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17.0 dengan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan Mentoring berpengaruh terhadap Implementasi Nilai Keagamaan 65,2%. Pada uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel atau 7.857 > 2.034 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Kegiatan Mentoring berpengaruh signifikan terhadap Implementasi Nilai Keagamaan pada mahasiswa Rohis LSMI Al-Madani di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Mentoring, Implementasi Nilai Keagamaan, Rohani Islam
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:55
Last Modified: 25 Mar 2022 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59616

Actions (login required)

View Item View Item