Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV C SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU

Fitri Eliza (2014) PENERAPAN STRATEGI SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV C SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi sepak bola verbal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV C Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan Strategi Sepak Bola Verbal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV C Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV C Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Penerapan Strategi Sepak Bola Verbal dan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan belajar siswa yaitu sebelum tindakan hanya 23 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 53,49%, siklus I meningkat sebanyak 32 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 74,42%, dan siklus II sebanyak 35 siswa yang tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 81,39%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi sepak bola verbal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV C Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 18:59
Last Modified: 30 Jul 2016 18:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item