Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI LIPAT KAIN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Hidayati (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI LIPAT KAIN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran kuantum (quantum teaching) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kuantum (quantum teaching) terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs negeri Lipat Kain kecamatan Kampar Kiri kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs negeri Lipat Kain, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII II dan VIII IV yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Varians. Objek penelitianini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Pada penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak delapan kali, yaitu satu kali pretes, enam kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran kuatum, kemudian satu pertemuan lagi postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, dan uji varians untuk homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tindakan terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran kuantum (quantum teaching) terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 18:19
Last Modified: 30 Jul 2016 18:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5955

Actions (login required)

View Item View Item