Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BAGI SISWA KELAS AKSELERASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

Aidia Rasyid (2014) LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BAGI SISWA KELAS AKSELERASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan konseling individual dan profil diri siswa kelas akselerasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru.Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah: wawancara, observasi, Intrumentasi Non Tes (AUM Umum, AUM PTSDL), sosiometri, dandokumentasi. Dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik analisis dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan konseling individual oleh guru bimbingan konseling sudah berdiferensiasi, namun belum maksimal karena belum menjangkau seluruh siswa kelas akselerasi. Masalah waktu dan kesibukan merupakan salah satu hambatan sehingga tidak terlayaninya siswa kelas akselerasi secara keseluruhan. Salah satu cara untuk mengatasi hambatan tersebut guru bimbingan konseling melaksanakan konseling melalui e-mail, dan handphone. Selanjutnya untuk profil diri siswa kelas akselerasi ditemukan hasil bahwa (95%) memiliki IQ 130 keatas. Meskipun memiliki IQ tinggi namun tidak menjamin sama dengan kreatifitasnya. Faktanya siswa kelas akselerasi bervariasi dari segi kreativitas yaitu very superior/ sangat istimewa (55%) selebihnya superior dan hight average. Meskipun homogen dari segi intelegensi namun siswa kelas akselerasi heterogen dari jenis kelamin yaitu laki-laki (55%), perempuan (45%) dan juga heterogen dari sisi agama yang dianut yaitu Islam (50%), selebihnya Budha, dan Kristen. Dari segi usia ditemukan bahwa (60%) berusia 15 tahun. Di sisi lain siswa kelas akselerasi merupakan siswa berprestasi mulai dari kejuaraan tingkat daerah (40%) hingga internasional. Lebih lanjut di bidang karir siswa kelas akselerasi sekitar (50%) masih belum memilikicita-cita karir atau belum merancang dan menentukan pilihan karir. Kemudian terungkap bahwa kondisi kesehatan yang mengganggu belajar adalah pusing (25%). Di lihat dari aspek masalah yang tertinggi yaitu keterampilan belajar dengan rata rata(54.50), diri pribadi (44.67%), dan masalah karir dan pekerjaan (38.34%). Orang yang dipilih untuk membantu pemecahan masalah adalah guru bimbingan konseling (40%). Selanjutnya dalam penelitian ini terungkap bahwa kondisi psikologis kemampuan umum seperti kecerdasan umum (100%) pada skala baik sekali. Sementara itu aspek sistematika kerja siswa kelas akselerasi memiliki skor tinggi. Namun dari aspek psikologis kepribadian siswa kelas akselerasi rendah seperti stabilitas emosi yang diperoleh hasil pada skala rata-rata bawah (15%), kepercayaan diri pada skala rata-rata bawah (20%), rata-rata (40%), dikuti oleh penyesuaian sosial rendah berkisar pada skala rata-rata bawah (10%), rata-rata (65%). Selain itu berdasarkan hasil sosiometri masih terdapat satu orang siswa terisolasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 13:57
Last Modified: 30 Jul 2016 13:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5939

Actions (login required)

View Item View Item