PELAKSANAAN METODE KOLABORATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MTs AL-MUNAWWARAH KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU

Regen Siregar, (2014) PELAKSANAAN METODE KOLABORATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MTs AL-MUNAWWARAH KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Metode kolaboratif atau Cross Training adalah pembelajaran selalu diikuti Dengan diskusi, sharing, debat dengan pendapat yang kondusif dan memperkaya wawasan, siswa bekerja dalam kelompok untuk saling membantu untuk memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran alQur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru dan (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, dan (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode kolaboratif itu sendiri dalam proses pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru al-Qur’an. Sedangkan objeknya pelaksanaan metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Adapun teknik pengumpulan data ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengumpulan analisa data yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif dengan persentase. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa . 1. Pelaksanaan metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, dapat dikategorikan sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil Observasi terhadap 2 orang guru adalah 91.87% yakni rentang 81% - 100% atau pada kategori“Sangat Baik” 2. Faktor yang mempengaruhi Implementasi metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru adalah: a. Tersedianya fasilitas yang memadai yang dibutuhkan oleh guru dalam sekolah tersebut b. Lingkungan Sekolah yang mendukung terhadap kegiatan guru c. Pengalaman guru yang sesuai dengan kompetensinya masing-masing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 13:17
Last Modified: 30 Jul 2016 13:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item