Regen Siregar (2014) PELAKSANAAN METODE KOLABORATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MTs AL-MUNAWWARAH KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Metode kolaboratif atau Cross Training adalah pembelajaran selalu diikuti Dengan diskusi, sharing, debat dengan pendapat yang kondusif dan memperkaya wawasan, siswa bekerja dalam kelompok untuk saling membantu untuk memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran alQur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru dan (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, dan (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode kolaboratif itu sendiri dalam proses pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru al-Qur’an. Sedangkan objeknya pelaksanaan metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Adapun teknik pengumpulan data ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengumpulan analisa data yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif dengan persentase. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa . 1. Pelaksanaan metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, dapat dikategorikan sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil Observasi terhadap 2 orang guru adalah 91.87% yakni rentang 81% - 100% atau pada kategori“Sangat Baik” 2. Faktor yang mempengaruhi Implementasi metode kolaboratif dalam proses pembelajaran al-Qur’an Di MTs Al-Munawwarah Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru adalah: a. Tersedianya fasilitas yang memadai yang dibutuhkan oleh guru dalam sekolah tersebut b. Lingkungan Sekolah yang mendukung terhadap kegiatan guru c. Pengalaman guru yang sesuai dengan kompetensinya masing-masing
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 13:17 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 13:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5927 |
Actions (login required)
View Item |