Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECTIVENESS OF LOOK-SAY METHOD IN TEACHING READING ABILITY AT AZ ZUHRA ELEMENTARY SCHOOL PEKANBARU

GINA NABILA, - (2022) THE EFFECTIVENESS OF LOOK-SAY METHOD IN TEACHING READING ABILITY AT AZ ZUHRA ELEMENTARY SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img]
Preview
Text
THESIS GINA NABILA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gina Nabila (2021): Efektivitas Metode Look-Say Dalam Mengajar Kemampuan Membaca Di Sekolah Dasar Az Zuhra Pekanbaru Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan pada siswa kelas IV sekolah dasar Az Zuhra Pekanbaru yang menunjukkan masalah pada kemampuan membaca siswa dengan pengucapan dan pengejaan kata. Karena guru tidak pernah memberikan koreksi kepada siswa satu per satu. Peneliti menggunakan metode Look-say untuk membantu siswa dalam kemampuan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan metode Look-say serta menguji apakah ada pengaruh yang signifikaan antara metode Look-say terhadap kemampuan membaca siswa. Desain penelitian ini pre-eksperimental berupa pretest dan post-test dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 maret 2021 di sekolah dasar Az Zuhra Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar Az Zuhra Pekanbaru yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan Cluster Sampling terpilihlah 29 siswa kelas IV Ummu Habibah dari populasi sebanyak 143 siswa. Peneliti menggumpulkan data menggunakan tes membaca unuk mengetahui kemampuan membaca siswa. Analisis data dilakukan dengan uji non parametric. Namun, data diinterpretasikan dengan menggunakan Wilcoxon pada program SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa setelah diajar menggunakan metode look say (87) lebih tinggi dibandingkan sebelum diajar menggunakan metode look say (78), dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.009 dapat dikatakan 0.009<0.05. artinya hipotesis nol (H0) dirolak, sedangkan (Ha) diterima. Kesimpulannya, ada perbedaan signifikan penggunaan metode Look-say terhadap kemampua membaca siswa disekolah dasar Az Zuhra Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:39
Last Modified: 09 Feb 2022 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59155

Actions (login required)

View Item View Item