Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN METODE KOMUNIKATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMP MANBA’UL ‘ULUM PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH JAKARTA

CENDRA WAHYUNI, - (2022) PELAKSANAAN METODE KOMUNIKATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMP MANBA’UL ‘ULUM PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH JAKARTA. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TESIS CENDRA WAHYUNI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Cendra Wahyuni (2022), : Pelaksanaan Metode Komunikatif Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di SMP Manba’ul ‘Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta Keterampilan berbicara adalah persoalan metode dan media pembelajaran yang memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Dalam metode komunikatif para siswa digiring untuk mampu berkomukasi aktif berbahasa Arab dan penggunaan media video diharapkan lebih menunjang lagi kemahiran siswa dalam berkomukasi berbahasa Arab. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan metode komunikatif dengan menggunakan media video efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMP Manba‟ul „Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah observasi dan tes. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab dan siswa kelas IX 4 dan IX 5 SMP Manba‟ul „Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta. Teknik dan analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif deksriptif menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persentasi penilaian dari observasi pelaksanaan metode komunikatif dengan menggunakan media vedio untuk meningkatkan kemahiran berbicara di SMP Manba‟ul „Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta sebesar 91 % dengan katagori “baik sekali”. 2) hasil uji tes siswa dengan nilai rata-rata untuk Ngain Score Kelas Eksperiment 38,3061 atau 38,3% termasuk ke dalam kategori tidak efektif dengan Ngain Score minimal 13,8% dan maksimal 70,1%. Sedangkan nilai rata-rata untuk Ngain Kelas Kontrol sebesar 23,8322 atau 23,8% termasuk ke dalam kategori tidak efektif dengan Ngain Score minimal 9% dan maksimal 45,8%. Dapat disimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, namun besar pengaruhnya sebesar 38,3% termasuk ke dalam kategori tidak efektif. Kata Kunci: Metode Komunikatif, Media Video, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:17
Last Modified: 04 Feb 2022 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59106

Actions (login required)

View Item View Item