Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE ISTIQRAIYAH DENGAN PERMAINAN MENGHARAKATI KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG.

AL FAUZAN, - (2021) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE ISTIQRAIYAH DENGAN PERMAINAN MENGHARAKATI KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AL FAUZAN.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Al Fauzan (2022): Efektifitas penggunaan Metode Istiqraiyah dengan Permainan Mengharakati Kalimat untuk meningkatkan Kemahiran Membaca Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode istiqraiyah dengan permainan mengharakati kalimat untuk meningkatkan kemahiran membaca bahasa Arab dengan melihat ada tidaknya perbedaan kemahiran membaca bahasa Arab antara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah metode istiqraiyah dengan permainan mengharakati kalimat efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca bahasa arab pada siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darun Nahdhah Thawalib Bangkinang?”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darun Nahdhah Thawalib Bangkinang Tahun Ajaran 2021/2022 dan sampelnya adalah siswa kelas X A dan B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan kemahiran membaca bahasa Arab antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode istiqriyah dengan permainan mengharakati kalimat dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode istiqraiyah dengan permainan mengharakati kalimat. Karena nilai To = 5.17 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan metode istiqraiyah dengan permainan mengharakati kalimat efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca bahasa arab pada siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Kata Kunci : Istiqraiyah, Mengharakati, Permainan, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:31
Last Modified: 04 Feb 2022 01:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59084

Actions (login required)

View Item View Item