Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Nur Shahira, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Shahira, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada pembelajaran Tematik melalui model pembelajaran Take and Give kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitain ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Take and Give dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskripsi kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan kemampuan kerja sama siswa hanya 56,11% atau kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 72,5% atau kategori cukup baik. Sedangkan pada Siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,27% atau kategori Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada Pelajaran Tematik kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Take and Give, Kemampuan Kerja Sama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:16
Last Modified: 04 Feb 2022 01:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59077

Actions (login required)

View Item View Item