Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Antara Self-management Dengan Work-study conflict Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Yang Bekerja

Rizky Rahmatul Zamarni, - (2022) Hubungan Antara Self-management Dengan Work-study conflict Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Yang Bekerja. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKY RAHMATUL ZAMARNI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang bekerja memiliki dua tuntutan peran dan tanggung jawab. Sehingga mahasiswa yang bekerja mengalami work-study conflict. Salah satu yang mempengaruhi work-study conflict adalah self-management. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self-management dengan work-study conflict pada mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang bekerja. Hipotesis yang diajukan ada hubungan negatif antara self-management dengan work-study conflict pada mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang bekerja. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa psikologi yang bekerja. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik snowball sampling. Kedua skala disusun berdasarkan skala likert dimana metode pengumpulan data pada skala self-management disusun berdasarkan aspek yaitu management by antecendent, management by consequence, cognitive techniques, affective techniques. Sedangkan skala work-study conflict disusun berdasarkan aspek yaitu time-based conflict dan strain-based conflict. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Pearson Product Moment untuk melihat ada hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Diperoleh hasil nilai koefisien rxy= -0.328 ; p = 0.039 < 0.05. Dan sumbangan efektif self-management terhadap work-study conflict dengan nilai (R square) 0,107 yaitu 10,7%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara self-management dengan work-study conflict pada mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang bekerja. Artinya semakin tinggi self-management maka semakin rendah work-study conflict, dan sebaliknya semakin rendah self-management maka semakin tinggi work-study conflict. Kata kunci: Self-Management, Work-Study Conflict, Mahasiswa yang Bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:14
Last Modified: 03 Feb 2022 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59058

Actions (login required)

View Item View Item