Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SIKAP RELIGIUS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI NILAI ISLAM MATERI SISTEM TATA SURYA DI MTS AL-HUDA PANGKALAN NYIRIH

SUPIKA, - (2022) ANALISIS SIKAP RELIGIUS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI NILAI ISLAM MATERI SISTEM TATA SURYA DI MTS AL-HUDA PANGKALAN NYIRIH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap religius siswa kelas VII pada pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam materi sistem tata surya di MTS AlHuda Pangkalan Nyirih. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII, dan objek dari penelitian ini yaitu sikap religius siswa pada pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket (kuisioner) dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap religius siswa kelas VII pada pembelajaran IPA terintegrasi nilai Islam sudah cukup baik dengan persentase 68,8%. Kondisi ini didukung skor nilai 73 (skor tertinggi) pada item soal nomor 4 dan 5 dengan persentase 91,25% yaitu dengan kategori penilaian sangat religius. Selanjutnya nilai terendah yaitu pada item soal nomor 9 dengan skor nilai 55 dengan persentase 68,75% dan tergolong religius. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan juga sudah cukup membentuk sikap religius siswa dengan persentase 50,90%. Hal ini terlihat dari pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas, selain memberi contoh untuk selalu bersikap baik, sopan, ramah, disiplin, jujur dan bertanggung jawab, guru juga berusaha untuk menanamkan nilai Islam pada materi yang dibahas. Dari hasil observasi juga diketahui bahwa secara umum penanaman sikap religius siswa VII di MTS Al-Huda sudah tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan yang dilaksanakan dan dicanangkan di sekolah. Kegiatan tersebut meliputi integrasi pada mata pelajaran, kegiatan keagamaan seperti pembacaan yasin setiap hari jum‟at sebelum memulai pembelajaran, ekstrakurikuler, ketaatan dan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah. Kata Kunci: Sikap Religius, Pembelajaran IPA, Integrasi Nilai Islam Sistem Tata Surya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:01
Last Modified: 02 Feb 2022 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58972

Actions (login required)

View Item View Item