Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup di Kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah Batu Gajah Air Molek.

Lili Rahmawati, - (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup di Kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah Batu Gajah Air Molek. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)

Abstract

ABSTRAK Lili Rahmawati, (2021): Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup di Kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah Batu Gajah Air Molek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup di kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah Batu Gajah Air Molek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama siswa pada muatan pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 27 orang siswa kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah Batu Gajah Air Molek. Objek dalam penelitian ini adalah Metode pembelajaran Buzz Group dan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa Metode pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini diketahui sebelum Tindakan diperoleh rata-rata kerjasama siswa hanya mencapai 66,0 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, rata-rata kerjasama siswa meningkat menjadi 69 atau berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II rata-rata kerja sama siswa terjadi peningkatan menjadi 78,25 atau tergolong cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan kerjasama siswa pada tema Selamatkan Makhluk Hidup di kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah Batu Gajah Air Molek. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Buzz Group, Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:12
Last Modified: 31 Jan 2022 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58913

Actions (login required)

View Item View Item