Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PENDEMIK COVID 19 DI SMK NEGERI KOTA BATAM

MUHAMAD RAHUL, MR (2022) PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PENDEMIK COVID 19 DI SMK NEGERI KOTA BATAM. Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS BAB IV rahul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB IV (1) rahul.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam; 2) Faktorfaktor apa saja yang Mempangaruhi Pengunaan teknologi informasi dan komunikasi Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan 1) wawancara, 2) observasi dan 3) dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam yaitu dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan komponone-komponen teknologi infomasidan komunikasi berupa hardware (perangkat keras) lapton dan handphone serta software (perangkat lunak) berupa platform atau aplikasi pembelajaran daring (dalam jaringan) sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Guru menggunakan beberapa platform atau aplikasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu youtube, google classroom, google form, quizizz, right choice, microsoft office 365, rumah belajar, e-learning di SMK Negeri Kota Batam, dan whatsapp, namun yang paling sering digunakan guru dalam pembelajaran daring adalah google classroom, whatsapp, google Meting. Faktor-faktor yang Mempangaruhi Pengunaan teknologi informasi dan komunikasi Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam ringan) ada dua yaitu pendukung dan penghambat bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Adapun Faktor pendukungnya yaitu: a) Karena guru melaksanakan pembelajarannya tetap di sekolah, maka sekolah memfasilitasi jaringan wifi; b) Adanya laptop di laboratorium komputer yang bisa digunakan guru untuk melakukan pembelajaran; c) Adanya ahli teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menjadikan kesulitan-kesulitan atau kendala-kendala dialami dapat diminimalisir. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketika jaringan internet sedang mengalami masalah maka pembelajaran akan terganggu bahkan xv tertunda dan kurangnya pengetahuan untuk menggunakan aplikai-aplikasi terbaru menyebabkan kesulitan ketika mengunggah atau membagikan materi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:24
Last Modified: 28 Jan 2022 06:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58890

Actions (login required)

View Item View Item