Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 11 GUNUNG TULEH

NITA ANDESPA, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 11 GUNUNG TULEH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NITA KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)

Abstract

ABSTRAK Nita Andespa, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Card Short untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 11 Gunung Tuleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada mata pelajaran tematik tema organ gerak hewan dan manusia melalui penerapan strategi pembelajaran card short kelas V SD Negeri 11 Gunung Tuleh. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas V SD Negeri 11 Gunung Tuleh. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran card short dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran card short dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 48% yang berada pada rentang 40%-55% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 78% yang berada pada rentang 76%-100% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 95% yang berada pada rentang 76%-100% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran card Short dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada di kelas V SD Negeri 11 Gunung Tuleh. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Card Short, Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:19
Last Modified: 27 Jan 2022 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58660

Actions (login required)

View Item View Item