Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR

SYAFITRA RAHMA DANI, - (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAFITRA RAHMA DANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syafitra Rahma Dani, (2021): Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen pembelajaran di SDN 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki fungsi dan peran yang melekat dengan jabatan tersebut. Salah satu peran tersebut adalah pada bidang manajemen pembelajaran. Bahwa pembelajaran haruslah dimenej dengan sebaik-baiknya agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari 2021 sampai bulan April 2021 di SDN 003 Koto Perambahan. Subjek utama penelitian ini adalah kepala sekolah, subjek pendukung adalah guru-guru, sedangkan objek penelitiannya adalah peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran. Populasi penelitian adalah seorang kepala sekolah dan 10 orang guru. Penelitian ini menggunakan total sampling, artinya seluruh populasi diteliti. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan kembali atau reduksi data dan disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya Kepala sekolah SDN 003 Koto Perambahan telah melaksanakan perannya sebagai leader seperti halnya dalam penyusunan administrasi sekolah, perlengkapan guru, sarana dan prasarana, media pembelajaran, serta motivasi dan pengawasan sudah dilaksanakan semua dengan sangat bagus oleh kepala sekolah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Peran Kepala sekolah di SDN 003 Koto Perambahan melaksanakan perannya tersebut sudah dilaksanakan dengan maksimal oleh kepala sekolah mulai dari penyusunan administrasi sekolah, perlengkapan media pembelajaran, penyusunan peraturan dan tata tertib sekolah, menyusun kalender pendidikan, serta memberikan motivasi dan penghargaan oleh kepala sekolah kepada guru dan siswa, dalam hal itu sudah dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan sangat baik. Yang paling dominan mempengaruhi pada peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen pembelajaran yaitu Kepala sekolah memberikan penugasan kepada guru dalam membuat administrasi sekolah serta dalam mengawasi aktifitas kerja guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa sampai ke evaluasi pembelajaran. Kata kunci : Kepala sekolah, Manajemen Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:01
Last Modified: 26 Jan 2022 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58468

Actions (login required)

View Item View Item