Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Meri Andayani, - (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Meri Andayani, (2021) : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Cooperative Script Pada Materi Aritmetika Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Model Cooperative Script pada materi Aritmetika Sosial yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Perangkat yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,and Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP), ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis Model Cooperative Script pada materi Aritmetika Sosial berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, RPP yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,36%), Lembar Kerja Siswa (LKS) dikembangkan tergolong dalam kategori valid (80,44%), dan soal PHB dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (84,76%), sedangkan hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 6 orang siswa diperoleh bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Model Cooperative Script pada materi Aritmetika Sosial praktis dengan persentase 81,66%. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis Model Cooperative Script pada materi Aritmetika Sosial yang dikembangkan telah valid dan praktis. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB), Aritmetika Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:25
Last Modified: 26 Jan 2022 01:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58390

Actions (login required)

View Item View Item