Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU

WIDYA RAHMI, - (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)

Abstract

ABSTRAK Widya Rahmi, (2021): Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang tidak antusias dalam mengerjakan soal-soal ekonomi, kurang perhatian dalam proses pembelajaran berlangsung, kurang kosentrasi dalam menganggapi penjelasan guru, dan masih banyak siswa yang merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas berupa fasilitas belajar dan variabel terikat minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa sehingga teknik pengambilan sampelnya merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif, mengubah data ordinal ke interval, uji linieritas, dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% atau (0,334< 0,623> 0,430) yang berarti terdapat pengaruh yang signifkan antara fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dengan tingkat konstribusi sebesar 38,9% sedangkan sisanya sebesar 61,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:59
Last Modified: 25 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58334

Actions (login required)

View Item View Item