Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE IMPLEMENTATION OF STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) METHOD ON READING COMPREHENSION OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT SENIOR HIGH SCHOOL 1 TAPUNG HULU

THOYBATUL AISYA, - (2021) THE IMPLEMENTATION OF STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) METHOD ON READING COMPREHENSION OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT SENIOR HIGH SCHOOL 1 TAPUNG HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
THESIS THOYBATUL AISYA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Thoybatul Aisya, (2021): Penerapan metode STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Pemahaman Membaca siswa kelas 10 di SMA Negeri 1 Tapung Hulu. Membaca adalah salah satu keterampilan penting dalam bahasa Inggris. Keterampilan bahasa sangat penting diajarkan kepada siswa karena membantu mereka memahami semua teks tertulis dan siswa dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca antara siswa kelas X SMAN 1 Tapung Hulu yang mengikuti pembelajaran dengan metode STAD dan yang tidak mengikuti pembelajaran dengan metode STAD pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Desain kontrol non-ekuivalen melibatkan pengacakan seluruh kelompok, bukan penugasan acak kelompok individu. Peneliti membagi kelompok menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, memberikan tes pertama kepada kedua kelompok dan melakukan perlakuan (metode STAD) hanya dengan kelompok eksperimen, dan akhirnya memberikan tes berikut untuk mengevaluasi perbedaan antara kedua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2021 di SMA Negeri 1 Tapung Hulu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa dan sampel nya adalah 70 siswa dalam dua kelompok yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest untuk kedua kelompok sebelum perlakuan dan tes setelah perlakuan. Data sebelum dan sesudah tes dari kedua kelompok dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Untuk analisis data, peneliti menggunakan uji t sampel independen melalui SPSS versi 24 dan rumus eta kuadrat. Peneliti menemukan bagaimana pemahaman bacaan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tapung Hulu yang diajar dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. dan pemahaman bacaan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tapung Hulu yang tidak menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) termasuk dalam kategori “Baik”. dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari metode STAD dalam pembelajaran teks naratif di SMAN 1 Tapung Hulu, dimana nilai eta kuadratnya 0,053 dengan kategori pengaruh kecil, sehingga hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran STAD di kelas X SMA Negeri 1 Tapung Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:51
Last Modified: 25 Jan 2022 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58298

Actions (login required)

View Item View Item