Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA LIDIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN DI KELAS III SD ABUSSALAM PEKANBARU

RESTI OKTARIA NINGSI, - (2021) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA LIDIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN DI KELAS III SD ABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RESTI OKTARIA NINGSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Resti Oktaria Ningsi, (2021): Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dengan Media Lidimatika untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian di Kelas III Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan matematika realistik dengan media lidimatika terhadap kemampuan operasi perkalian siswa kelas III SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya kemampuan operasi perkalian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dengan pendekatan matematika realistik menggunakan media lidimatika diperoleh rata-rata pencapaian kemampuan operasi perkalian siswa pada kelas eksperimen sebesar 71,76 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 39,41. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan operasi perkalian siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 7.548 dan nilai ttabel sebesar 1.753 pada taraf signifikan 0,05 sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan matematika realistik menggunakan media lidimatika terhadap kemampuan operasi perkalian siswa kelas III SD Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Media Lidimatika, Kemampuan Operasi Perkalian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:54
Last Modified: 24 Jan 2022 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58215

Actions (login required)

View Item View Item