Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmatika Sosial untuk SMP/MTs

Shofia Putri Royanda, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmatika Sosial untuk SMP/MTs. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Shofia Putri Royanda: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmatika Sosial untuk SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis model Realistic Mathematics Education (RME) pada materi aritmatika sosial yang memenuhi kriteri valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tapung, Kab. Kampar, Riau. Subjek penelitian ini adalah para ahli yang berasal dari dosen dan guru serta siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tapung. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Model Realistic Mathematic Education (RME) pada materi aritmatika sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumen pendukung, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran LKS berbasis model RME dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 85,3%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis model RME sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Realistic Mathematic Education (RME), Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:55
Last Modified: 24 Jan 2022 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58128

Actions (login required)

View Item View Item