Zurriyati Hamida (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (52kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel bebas/independen yaitu penerapan metode pemberian tugas (resitasi), dan variabel terikat/dependen yaitu kemandirian belajar santri. Tujuan dari penelitian penulis ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara penerapan metode pemberian tugas (resitasi) terhadap kemandirian belajar santri pada mata pelajaran ekonomi Pondok Pesantren Islamic Centre Al- Hidayah Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Aliyah sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan metode pemberian tugas (resitasi) terhadap kemandirian belajar santri. Populasi yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Aliyah Pesantren Islamic Centre Al- Hidayah Kampar yang berjumlah 57 orang, sedangkan untuk sampelnya penulis menggunakan teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi dipilih sebagai sampel. Pengambilan data dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga macam teknik, diantaranya: observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan program SPSS (Statistica Program Society Science) versi 19.0 for windows dengan teknik regresi linear sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan dimasukkan ke dalam rumus product moment. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian tugas terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Pondok Pesantren Islamic Centre Al- Hidayah Kampar Kabupaten Kampar, dengan tingkat kontribusi sebesar 0,314 X 100% = 31,4% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun besaran ro (observasi) = 0,560, apabila dibandingkan dengan rt pada taraf 5% maupun 1% maka 0,273 < 0,560 > 0,354 . Artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci : Metode pemberian tugas, kemandirian belajar, ekonomi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5811 |
Actions (login required)
View Item |