Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOWLING HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TK NEGERI PERTIWI KECAMATAN KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU

Tri Kumala Dewi, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOWLING HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TK NEGERI PERTIWI KECAMATAN KEPENUHAN HULU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Kumala Dewi. (2021): Pengembangan Media Pembelajaran Bowling Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain TK Negeri Pertiwi Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bowling Huruf sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini, mengetahui kelayakan Bowling Huruf sebagai media pembelajaran dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok bermain TK Negeri Pertiwi Kecamatgan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu dengan instrument pengumpulan data berupa angket yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, kepala sekolah, dan guru untuk menguji kualitas Bowling Huruf dilakukan angket responden peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap Bowling Huruf, jenis data yang dihasilkan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas Bowling Huruf yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa Bowling Huruf sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan persentase 82,6% dengan kategori sangat layak penilaian ahli media mendapatkan persentase 85% dengan kategori sangat layak penilaian guru nmendapatkan persentase 84,37% dengan kategori sangat layak penilaian dalam uji coba terbatas mendapatkan persentase 83,75 % dengan kategori sangat layak. Dan untuk perkembangan bahasa anak usia dini dikelompok bermain bisa dinyatakan berkembang karna anak mampu dapat Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata Sendiri, Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan, Mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (6 kata) dan Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Bowling Huruf Dan Bahasa Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:46
Last Modified: 20 Jan 2022 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58018

Actions (login required)

View Item View Item