Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA STASIUN PEMBENGKOKAN BESI BEGEL DAN PERAKITAN RANGKA KOLOM DENGAN METODE TIME AND MOTION STUDY (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Al-Fatih Islamic Centre Pekanbaru)

Ayu Asri, - (2021) PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA STASIUN PEMBENGKOKAN BESI BEGEL DAN PERAKITAN RANGKA KOLOM DENGAN METODE TIME AND MOTION STUDY (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Al-Fatih Islamic Centre Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan Lengkap Kecuali BAB IV dan BAB V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB V)
BAB IV dan BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERBAIKAN SISTEM KERJA PADA STASIUN PEMBENGKOKAN BESI BEGEL DAN PERAKITAN RANGKA KOLOM DENGAN METODE TIME AND MOTION STUDY (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Al-Fatih Islamic Centre Pekanbaru AYU ASRI 11752200296 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Salah satu sumber daya yang sangat penting pada proyek konstruksi adalah tenaga kerja. Besarnya tingkat keberhasilan suatu proyek dipengaruhi oleh tingkat produktifitas pekerja. Pada staisuin pembengkokkan besi begel dan perakitan rangka kolom proyek konstruksi gedung AlFatih Islamic Centre Pekanbaru, ditemukan beberapa aktivitas non-produktif pekerja seperti merokok, istirahat, berbincang-bincang, dan menunggu. Aktivitas ini menunjukkan bahwa produktifitas pekerja masih rendah. Untuk meningkatkan produktifitas pekerja dilakukan analisis dengan menggunakan metode Time and Motion Study. Pada metode Time study dilakukan menggunakan teknik work sampling. Work sampling merupakan kegiatan penagataman terhadap aktivitas pekerja yang dilakukan pada waktu acak. Pada pengumpulan data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa persen produktif pada stasiun pembengkokkan besi begel sebesar 72% dan persen produktif pada perakitan rangka kolom sebesar 74,4% dan 73,4%. Untuk mengetahui penyebab adanya aktivitas non-produktif dilakukan analisis menggunakan fishbone diagram. Dalam memperbaiki sistem kerja pada proyek dilakukan analaisis motion study berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi gerakan. Berdasarkan hasil analisis prinsip ekonomi gerakan, diperlukan adanya perbaikan sistem kerja dengan merancang alat begel yang dilengkapi dengan komponen pengatur jarak titik bengkok begel, memiliki display ukuran, dan lengan kunci yang lebih panjang dari alat sebelumnya serta sudah tersambung langsung pada alat bending begel. Kata Kunci: tenaga kerja, work sampling, fishbone diagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:14
Last Modified: 19 Jan 2022 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57824

Actions (login required)

View Item View Item