ZARIANI KARNAIN PUTRI, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ZARIANI KARNAIN PUTRI.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Zariani Karnain Putri, (2021): Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Peserta Didik SMPMTS Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari rasa ingin tahu peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif dan menggunakan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang peserta didik kelas VIII SMP IT AZIZIYAH Pekanbaru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik Angket, tes dan wawancara yang dilakukan secara online berbantuan media WhatsApp. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket rasa ingin tahu, soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak 6 soal berbentuk uraian tentang lingkaran serta pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik secara keseluruhan adalah berada pada tingkat tinggi dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis tertiggi adalah indikator memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari dan yang indikator terendah adalah mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal. Peserta didik dengan rasa ingin tahu tinggi rata-rata mampu dalam semua indikator kecuali pada indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, peserta didik dengan rasa ingin tahu sedang rata-rata kurang mampu dalam mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika dan mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal, sedangkan peserta didik dengan rasa ingin tahu rendah hanya rata rata hanya mampu dalam memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari. Sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki peserta didik bila ditinjau dari rasa ingin tahu peserta didik SMP IT Aziziyah Pekanbaru berada pada kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Rasa Ingin Tahu, Lingkaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:27 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57636 |
Actions (login required)
View Item |