Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA SENTIMEN TWITTER TERHADAP LAYANAN OVO MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Harish Ridha Prasaja, - (2021) ANALISA SENTIMEN TWITTER TERHADAP LAYANAN OVO MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Laporan TA [HARISH RIDHA PRASAJA] [11451104760] BAB 1,2,3,dan 5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 Pembahasan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia setiap tahun mengalami perkembangan yang sangat cepat dan luar biasa, sehingga telah memberikan banyak inovasi di segala bidang, salah satunya pada bidang ekonomi dengan munculnya beragam perusahaan pada bidang financial technology (fintech). Setidaknya pada saat ini berdasarkan data dari Bank Indonesia terdapat 30 perusahaan financial technology yang terdaftar, salah satu perusahaan financial technology yang berkembang adalah OVO dibawah naungan PT. Visionet Internasional dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Berbagai layanan yang telah ditawarkan tersebut memberikan berbagai komentar dari pengguna OVO di media sosial Twitter. Komentar dari pengguna terhadap layanan OVO tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam evaluasi perusahaan dalam menilai kualitas layanan yang telah diberikan kepada penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode klasifikasi Naïve Bayes Classifier. Data komentar diambil dari komentar pengguna pada aplikasi Twitter dengan menggunakan API (Application Programming Interface) Twitter sebanyak 2500 data komentar dari pengguna, yang dibagi menjadi 2 kelas sentimen yaitu kelas positif dan negatif. Hasil pengujian memliliki nilai akurasi rasio tertinggi pada pengujian 80:20% dengan nilai akurasi yang cukup baik yaitu 73.24%. Berdasarkan hasil penenlitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Naïve Bayes Classifier berhasil melakukan analisa sentimen Twitter dengan 2 kelas sentimen yaitu positif dan negatif. Kata kunci: OVO, Twitter, Sentimen, Naïve Bayes Classifier (NBC), Komentar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:06
Last Modified: 10 Jan 2022 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57465

Actions (login required)

View Item View Item