Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU

OKTAVIA RADESTINA, - (2021) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Oktavia Radestina, (2021): Pengaruh Metode Simulasi terhadap Motivasi Intrinsik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode simulasi terhadap motivasi intrinsik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa yang kurang termotivasi dalam belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh metode simulasi terhadap motivasi intrinsik siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru yang berjumlah 296 siswa. Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian berjumlah 74 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil akhir diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode simulasi terhadap motivasi intrinsik siswa. Hal ini dilihat dari r hitung > rtabel (0,227 <0,685> 0,296). Nilai koefisien korelasi r = 0,685 berada pada interval 0,600 – 0,799 artinya korelasi metode simulasi terhadap variabel motivasi intrinsik siswa dalam tingkat yang “kuat”. Adapun persentase pengaruh metode simulasi terhadap motivasi intrinsik siswa adalah sebesar 46,9% sedangkan sisanya sebesar 44,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Metode Simulasi, Motivasi Intrinsik, PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:44
Last Modified: 10 Jan 2022 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57436

Actions (login required)

View Item View Item