Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA PENERAPAN JURNALISME PESANTREN DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS (Analisis Hermeneutika Dialogis Makna Penerapan Jurnalisme Pesantren dalam Novel Hati Suhita karya Khilma Anis)

AGUS NURWANSYAH, - (2021) MAKNA PENERAPAN JURNALISME PESANTREN DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS (Analisis Hermeneutika Dialogis Makna Penerapan Jurnalisme Pesantren dalam Novel Hati Suhita karya Khilma Anis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGUS NURWANSYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Agus Nurwansyah Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Makna Penerapan Jurnalisme Pesantren dalam Novel Hati Suhita karya Khilma Anis (Analisis Hermeneutika Dialogis Penerapan Jurnalisme Pesantren dalam Novel Hati Suhita karya Khilma Anis) Novel adalah salah satu media yang efektif dalam menyampaikan sebuah pesan, ide, ataupun gagasan. Novel Hati Suhita karya Khilma Anis adalah salah satu novel bergenre pesantren yang memiliki gagasan tentang jurnalisme pesantren dalam alur ceritanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan jurnalisme pesantren dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Dianalisis menggunakan analisis Hermeneutika Gadamer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan observasi. Analisis data yang digunakan ada empat tahapan pemahaman Hermeneutika Gadamer, yakni Kesadaran Keterpengaruhan oleh Sejarah, Pra-pemahaman, Fusion of Horizon atau Dialog Makna, dan Aplikasi sebagai Memahami. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, terdapat empat penerapan jurnalisme pesantren dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. 1. Pelatihan jurnalistik. 2. Penerbitan majalah pesantren. 3. Penerbitan buletin pesantren. 4. Menjadikan jurnalistik sebagai kegiatan ekstra di pesantren. Kata kunci: Jurnalisme Pesantren, Novel, Sastra Pesantren, Amanat, Hermeneutika Gadamer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:47
Last Modified: 10 Jan 2022 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57377

Actions (login required)

View Item View Item