Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI PT. TUAN DIBANGARNA INDONESIA DALAM PENGEPULAN SAMPAH SECARA DIGITAL DENGAN PEMOL APPS DI KOTA PEKANBARU

DWI ASIH KURNIA SARI, - (2021) KOMUNIKASI INOVASI PT. TUAN DIBANGARNA INDONESIA DALAM PENGEPULAN SAMPAH SECARA DIGITAL DENGAN PEMOL APPS DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Dwi Asih Kurnia Sari Nim : 11743201690 Judul : Komunikasi Inovasi PT. Tuan Dibangarna Indonesia Dalam Pengepulan Sampah Secara Digital Dengan Pemol Apps Di Kota Pekanbaru Komunikasi Inovasi merupakan proses penyampaian informasi atau pesan-pesan inovasi berupa ide, gagasan, pembaharuan, atau teknologi baru melalui saluran tertentu, dengan jangka waktu tertentu kepada suatu sistem sosial. Komunikasi Inovasi berdampak kepada perubahan dalam fungsi dan struktur sosial sebagai suatu perubahan baru yang berorientasi untuk merubah pola-pola ataupun cara hidup manusia kepada kehidupan yang lebih baik dan efisien. Dalam hal ini Komunikasi Inovasi dilakukan oleh PT. Tuan Dibangarna Indonesia melakukan Inovasi jasa penanganan sampah melalui layanan Aplikasi digital. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menjelaskan proses Komunikasi Inovasi pada PT. Tuan Dibangarna Indonesia dalam mengimplementasikan PEMOL Apps (Aplikasi Pemulung Online) dalam masyarakat Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara secara langsung, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi yang dipopulerkan oleh Rogers dalam bukunya yang berjudul Diffusion of Innovations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi PEMOL adalah aplikasi penjemputan sampah daur ulang untuk membantu mengelola berbagai jenis sampah kering dengan orientasi pengurangan sampah dalam masyarakat dan memperlakukan sampah sebagai sumber kesejahteraan ekonomi. Saluran Komunikasi yang digunakan dalam proses Komunikasi Inovasi pengenalan Aplikasi Pemol dalam masyarakat menggunakan berbagai macam media komunikasi, mulai dari Komunikasi langsung, website resmi perusahaan, media elektronik, media berita online, media cetak, dan platform media sosial. Komunikasi Inovasi Pemol Apps oleh PT. Tuan Dibangarna Indonesia telah berlangsung selama 2 Tahun sejak September 2019 hingga saat ini, dengan jumlah users saat ini yakni 7.694 downloader. Sistem sosial yang menjadi target sasaran dalam proses difusi inovasi aplikasi Pemol ini secara umum adalah seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru. Lebih di khususkan untuk Ibu rumah tangga, selanjutnya pengenalan dan publikasikan Aplikasi Pemol diperkenalkan mulai dari anak-anak hingga Mahasiswa perguruan tinggi dan mencakup Masyarakat luas. Kata Kunci : Komunikasi Inovasi, Pemol Apps, Pengepulan Sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:33
Last Modified: 07 Jan 2022 02:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57355

Actions (login required)

View Item View Item