Khairani (2014) PEMIKIRAN AL-ZARNUJI TENTANG GURU DAN MURID DALAM KITAB TA'LIM AL-MUTA'ALLIM THARIQU AT-TA’ALLUM DITINJAU DARI TEORI MANAJEMEN KELAS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Salah satu problem yang sering muncul dalam proses pembelajaran adalah bagaimana pola hubungan antara guru dan peserta didik. Al-Zarnuji yang dikenal melalui karya monumentalnya yaitu kitab Ta’lim al Muta’allim, yang sampai sekarang masih sangat melekat dan berpengaruh dalam lingkungan pendidikan pesantren, menawarkan pola hubungan guru dan murid dengan mengkonsentrasikan learning by doing dan mengacu pada oriented ethic. Berangkat dari hal tersebut, maka penelitian ini akan terfokus untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah konsep al-Zarnuji dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim tentang Guru dan Murid? Dan bagaimanakah konsep al-Zarnuji dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim tentang Guru dan Murid ditinjau dari teori manajemen kelas? Jenis penelitian ini adalah library research, dengan objek kajian konsep al-Zarnuji dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim tentang Guru dan Murid. Selanjutnya penulis menggunakan analisis isi (Content Analysis) untuk melakukan analisis terhadap makna yang terkandung dalam keseluruhan pemikiran Al-Zarnuji dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim. Dengan menggunakan metode analisa Deskriptif, yaitu penelitian menggambarkan fakta secara sistematis, faktual, cermat dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Hakekat guru menurut al-Zarnuji adalah menempatkan guru pada posisi yang tinggi, sehingga harus dihormati dan ditakdhimi, baik dalam situasi di kelas maupun diluar kelas. Pribadi guru yang ideal menurut Al-Zarnuji, yaitu guru yang memiliki kepribadian dan memiliki kecerdasan ruhaniah disamping kecerdasan intelektual, yaitu guru yang ‘alim, wara’ dan mempunyai kesalehan. Sedangkan murid sebagai individu yang belajar menunjukkan keseriusan dan kesungguhan dalam belajar sebagai manifestasi daya juang dalam pencapaian ilmu yang setia setiap saat menerima ilmu yang diajarkan oleh guru dalam rangka mencari ridha Allah dan untuk menuai kemanfaatannya. Dengan menjunjung tinggi nilai etika dan tampilan sikap ketawadhuan sebagai akhlak orang berilmu, dalam menghormati gurunya. Sehingga hubungan guru murid yang tercipta adalah hubungan timbal-balik yang menempatkan posisi guru murid sesuai proporsi masing-masing, menuju tercapainya tujuan pendidikan yang optimal. Dan Kedua, Pada dasarnya ketentuan secara teoretis bagaimana guru dalam mengelola kelas, tidak dibahas secara eksplisit oleh al Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim Thariqi at-Ta’llum, akan tetapi hal ini dapat dipahami melalui pembicaraannya dalam memahami sosok seorang guru dalam proses pembelajaran, yaitu supaya guru dalam proses pembelajaran lebih memperhitungkan aspek psikologi dan kejiwaan dalam mendidik para muridnya, yaitu dengan jiwa kasih sayang dan lemah lembut. Sementara sikap dan prilaku murid terhadap guru, terbagi dalam dua situasi, yaitu situasi dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas dan hubungan yang berlangsung dalam situasi di luar kelas. Sikap tersebut pada intinya adalah supaya murid senantiasa menghiasi diri dengan akhlak dan sikap utama sebagai sarana mempermudah dalam menuntut ilmu serta menuai manfaat dari pengembaraannya, yakni tawadhu’ dan menjunjung tinggi etika.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:55 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5734 |
Actions (login required)
View Item |