PENGEMBANGAN KURKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 UNGGULAN KOTA PEKANBARU DALAM KONTEKS DESENTRALISASI PENDIDIKAN

Amsal, (2014) PENGEMBANGAN KURKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 UNGGULAN KOTA PEKANBARU DALAM KONTEKS DESENTRALISASI PENDIDIKAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 3 Unggulan Kota Pekanbaru. Untuk mengetahui hal tersebut diajukan rumusan masalah bagaimana pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam, apa faktor-faktor yang menjadi peluang dan hambatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 3 Unggulan Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang dilakukan dengan langsung melakukan peninjauan ke lapangan untuk menggali dan menganalisis data yang berkenaan dengan judul. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi pendidikan agama Islam, orangtua peserta didik dan beberapa orang pesrta didik. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah 3 Unggulan Kota Pekanbaru telah melaksanakan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam pada aspek tujuan, konten/isi, metode dan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan agama Islam, namun dalam pelaksanaannya belum maksimal, dan perlu upaya peningkatan untuk masa yang akan datang. Adapun faktor pendukung antara lain; a). Adanya dukungan Persyarikatan Muhammadiyah, b). Kesediaan tenaga Pendidik yang profesinal, c). Pendanaan kegiatan yang cukup. d). ketersediaan waktu yang cukup. e). Tersedianya perpustakaan dan buku-buku penunjang pembelajaran pendidikan agama Islam yang relefan. Faktor penghambat pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam antaralain; a). Sulitnya mengubah sikap guru dari paradigma lama ke paradigma baru, b). Guru merasa kesulitan membuat program pembelajaran, disebabkan muatan/isi kurikulum pendidikan agama Islam yang terlalu padat, c). Input (peserta didik baru) yang beraneka ragam, baik tingkat inteligensi peserta didik maupun kondisi ekonomi orangtua peserta didik, d). Fasilitas pendukung pembelajaran yang masih kurang, e). Kurang baiknya kerja sama dengan guru non pendidikan agama Islam dalam pembinaan peserta didik. Pengembangan kurikulum pada satuan pendidikan merupakan keharusan, karena kurikulum akan mengarahkan segala aktifitas pendidikan untuk mencapai tujuan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup isi serta proses pendidikan. Oleh karena itu perlu dilaksanakan secara maksimal. Kurikulum yang dikembangkan diharapkan menjadi pengubah yang tangguh sesuai dengan kebutuhan sekolah, peserta didik, masyarakat dan bangsa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 15 Jul 2016 01:25
Last Modified: 15 Jul 2016 01:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5723

Actions (login required)

View Item View Item