Misrun (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DAN EFEKTIF OLEH GURU-GURU YANG SUDAH BERSERTIFIKASI DI MTS BUSTANUL ULUM PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (23kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik untuk mempelajari keterampilan dan pengetahuan dalam materi-materi pelajaran. Peserta didik belajar untuk mengembangkan kemampuan konseptual ilmu pengetahuan maupun pengembangan kemampuan sikap pribadi yang dapat digunakan untuk mengembangkan dirinya. Dalam pembelajaran, peserta didik sebagai subjek yang aktif melakukan proses berfikir, mencari, mengolah, mengurai, menggabungkan, menyimpulkan dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Aktif dan Efektif oleh Guru-guru yang sudah bersertifikasi di MTs Bustanul Ulum Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pembelajaran aktif dan efektif oleh guru-guru yang sudah bersertifikasi di MTs Bustanul Ulum Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengimplementasikannya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru yang udah bersertifikasi di MTs Bustanul Ulum Pekanbaru. Objeknya ialah implementasi pembelajaran aktif dan efektif oleh guru-guru yang sudah bersertifikasi di MTs Bustanul Ulum Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengimplemetasikannya. Kemudian sampel penelitian ini ialah guru yang sudah bersertifikasi yang berjumlah 5 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran aktif oleh guru-guru yang sudah bersertifikasi di MTs Bustanul Ulum Pekanbaru adalah kurang baik dengan angka persentase 52.69% dan implementasi pembelajaran efektif sesuai dengan hasil pengamatan ialah cukup baik dengan angka persentase 56,43%. Kemudian secara keseluruhan implementasi pembelajaran aktif dan efektif oleh guru guru yang sudah bersertifikasi berdasarkan hasil pengamatan ialah 54,56% dengan kategori kurang baik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengimplementasikannya ialah 2 faktor yaitu faktor pendukung meliputi latar belakang guru, pengetahuan guru dan instruksi kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat meliputi lemahnya pengawasan, minat siswa, bakat siswa, sarana dan prasarana serta anggaran yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:34 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 04:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5717 |
Actions (login required)
View Item |