Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI METODE HUKUMAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH I PEKANBARU

Masyunita (2014) IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI METODE HUKUMAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH I PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan hukuman sangat penting sebagai metode untuk memberikan efek jera kepada siswa yang melakukan pelanggaran. Metode yang umum dipakai dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan pendekatan hukuman terhadap siswa secara preventif maupun represif, dengan harapan melalui hukuman tersebut kiranya dapat mencegah berbagai pelanggaran peraturan sekolah atau sebagai tindakan peringatan keras yang sepenuhnya muncul dari rasa takut terhadap ancaman hukuman. Hukuman adalah tindakan yang dijatuhkan kepada anak secara sadar dan sengaja sehingga menimbulkan nestapa atau penderitaan. Dengan nestapa atau penderitaan itu anak akan menjadi sadar akan perbuatannya dan berjanji di dalam hatinya untuk tidak mengulanginya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sejenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan (Field Research) yakni penelitian yang dilakukan dengan mengkaji tentang Implementasi dan Implikasi Metode Hukuman di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru melalui pengumpulan data dilapangan dan literatur-literatur sementara tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 metode yaitu: Wawancara dan Studi dokumentasi (document study) dan metode analisis deskriptif adalah usaha untuk mengumpulkan dan menyusun suatu data, kemudian di analisis terhadap data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa metode hukuman yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah I Pekanbaru sangat mendukung sistem pendidikan karena tidak menyakiti secara fisik akan tetapi mendidik anak. Proses hukumannya bertahap dan melalui beberapa tangga seperti jika guru tidak mampu menyelesaikan maka diserahkan kepada wali kelas dan jika belum selesai maka diserahkan kepada guru BK (bimbingan konseling dan jika tetap tidak mampu diselesaikan maka sekolah memanggil orangtua untuk mendapatkan informasi tentang latar belakang siswa melakukan pelanggaran dan terus dilakukan bimbingan kepada siswa dan apabila siswa tetap melakukan pelanggaran maka jalan terakhir adalah mengeluarkannya dari sekolah agar siswa lain tidak terganggu dengan sikap pelanggaran satu siswa lainnya. Hal ini dilakukan sebagai jalan terakhir setelah melewati beberapa proses bimbingan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:28
Last Modified: 28 Jun 2016 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item