MANAJEMEN EVALUASI HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN KUBU BABUSSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR

Ahmad Daud, (2014) MANAJEMEN EVALUASI HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN KUBU BABUSSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Ahmad Daud, NIM: 21194104211, “Manajemen Evaluasi Hasil Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir”, di tulis dengan latar belakang bahwa kondisi yang terjadi di SMA Negeri 2 Kubu Babussalam masih dijumpai unsur subjektifitas dalam penilaian dan item soal terfokus pada aspek kognitif saja dan jarang menyentuh aspek afektif dan psikomotorik. Dengan demikian yang terjadi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam adalah nilai agama peserta didik tinggi, akan tetapi tingkah lakunya belum mencerminkan bahwa ia memiliki prestasi agama yang baik, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara prestasi dan tingkah laku. Oleh karena itu seharusnya guru PAI mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi afektif (makna dan nilai) yang perlu diinternalisasikan dalam diri peserta didik (psikomotorik). Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, maka dirumuskan dalam bentuk pertanyaan peneliti berikut ini: 1. Bagaimana manajemen evaluasi hasil belajar bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir? 2. Apa faktor yang mempengaruhi manajemen evaluasi hasil belajar bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir? Secara metodologis, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pengelolaan data secara kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriftif, yakni penelitian yang berupaya memberikan gambaran tentang obyek yang diteliti secara mendetail dan mendalam. Dalam penelitian ini yang dijadikan subyek penelitian adalah dua orang Guru PAI SMA Negeri 2 Kubu Babussalam. Sedangkan obyek penelitian adalah manajemen evaluasi hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa peran manajemen evaluasi hasil belajar memiliki tujuan untuk memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik (feedback) bagi siswa dan guru. Manajemen evaluasi hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Kubu Babussalam terdiri dari planning, organizing, actuating, controling, dan evaluating. Dari kelima fungsi manajemen tersebut perlu ditingkatkan pada beberapa aspek, di antaranya pada aspek planning tentang aspek penilaian dari kognitif keafektif dan psikomotorik. Juga pada aspek controling tentang penggunaan prinsip penilaian yang obyektif bukan subyektif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak lepas dari manajemen evaluasi yang baik. Sehingga unsur-unsur manajemen berupa planing, organizing, actuating, controling, dan evaluating dapat berjalan secara serasi, menyeluruh, dan berkesinambungan dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:31
Last Modified: 28 Jun 2016 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item