Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jambu Mete (Annacardium occidentale Linn) di dalam Air Minum terhadap Bobot Organ Dalam dan Kadar Kolesterol Ayam Broiler Fase Finisher

ILHAM FACHRUROZI, - (2021) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jambu Mete (Annacardium occidentale Linn) di dalam Air Minum terhadap Bobot Organ Dalam dan Kadar Kolesterol Ayam Broiler Fase Finisher. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Daun jambu mete (Anacardium occidentale Linn) mengandung flavonoid, tanin, resin, alkaloid, flavonoid yang memiliki peran penting di dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan beberapa level ektrak daun jambu mete (EDJM) di dalam air minum terhadap organ dalam yang meliputi bobot hati, jantung, gizzard dan panjang usus halus serta kadar total kolesterol plasma darah ayam broiler fase finisher. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2021 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam pedaging yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 8 ulangan. Adapun tiap ulangan terdiri atas 4 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (air minum kontrol), P1 (EDJM 5%/L air minum), P2 (EDJM 10%/L air minum), P3 (EDJM 15%/L air minum) dan P4 (EDJM 20%/L air minum). Parameter yang diukur adalah bobot hati, bobot gizzard, bobot jantung, panjang usus halus, total kolesterol darah ayam ras pedaging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian EDJM pada level 20% di dalam air minum berpengaruh nyata (P<0,05) menurunkan bobot hati. Pemberian EDJM pada level 5% sampai dengan 15% juga berpengaruh nyata (P<0,05) menurunkan kadar total kolesterol darah. Perlakuan EDJM tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot jantung, bobot gizzard, dan panjang usus halus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian EDJM di dalam air minum mulai level 5% sampai level 15% efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah dan dapat mempertahankan bobot jantung, bobot gizzard dan panjang usus. Kata kunci: Broiler, ekstrak daun jambu mete, organ dalam, total kolesterol darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:20
Last Modified: 21 Dec 2021 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57016

Actions (login required)

View Item View Item