Agussali (2014) IMPLEMENTASI SPRITUALITAS DENGAN KINERJA GURU MTs NEGERI TANDUN UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (48kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Sebuah pendidikan pada hakikatnya mempunyai tujuan untuk membangun manusia seutuhnya sebagaimana yang tertulis dalam GBHN tahun 1998 bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk manusia seutuhnya, maksud dari manusia seutuhnya adalah meliputi berbagai aspek tidak hanya aspek intelektual saja, tetapi juga aspek emosional dan aspek spiritual. Namun pada kenyataannya yang terjadi di dunia pendidikan masa kini lebih mengedepankan aspek intelektual sebagai tolok ukur keberhasilan dari sebuah proses pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru mengimplementasikan Spritualitas (kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya) terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran yakni mencapai pribadi yang mempunyai budi pekerti luhur, serta mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi guru dalam mengimplementasikan spritualitas (kecerdasan intelektual, emosional dan kecerdasan spiritual) guna meningkatkan kinerja dalam proses pembelajaran itu berlangsung dan terhadap lingkungan Madrasah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi atau pengamatan di lapangan, penulis berperan sebagai pemeran serta sebagai pengamat. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disampaikan disini, bahwasanya Implementasi spritualitas mencakup tiga faktor yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual sudah cukup bagus dimiliki oleh guru MTs Negeri Tandun Ujungbatu Rokan Hulu dengan kinerja. Namun masih terdapat juga guru MTs Negeri Tandun Ujungbatu Rokan Hulu masih belum bisa optimal dalam mengimplementasikan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan kinerjanya. Peneliti menghimbau kepada pihak madrasah, Kepala Madrasah agar lebih memberikan pembinaan secara intensif mengenai intelektual, emosional dan spiritualitas kepada guru. Untuk Kepala madrasah seharusnya bisa memberikan perhatian dan pendidikan agama yang lebih intensif kepada guru, dan terakhir bagi guru hendaknya bisa selektif dalam memilih teman dalam melaksanakan tugas, yakni bisa mengajak ke arah yang lebih bagus.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 03:09 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 03:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5697 |
Actions (login required)
View Item |