Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Preview, Question, Read, Summarize, And Test untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Nurmai Hazatul Hasanah, - (2021) Penerapan Metode Preview, Question, Read, Summarize, And Test untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV(1).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurmai Hazatul Hasanah, (2021): Penerapan Metode Preview, Question, Read, Summarize, And Test untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui penerapan metode PQRST kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan yang dibaca. Penelitiaan ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode preview, question, read, summarize, and test dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitiaan ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode preview, question, read, summarize, and test dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 64,80 dengan ketuntasan klasikal 46,15% atau tergolong kurang baik. Setelah menerapkan metode preview, question, read, summarize, and test pada siklus I hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 72,26 dengan ketuntasan klasikal 65,38% atau tergolong kurang baik. Pada siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 80,30 dengan ketuntasan klasikal 84,61% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode preview, question, read, summarize, and test dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Preview, Question, Read, Summarize, And Test, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:40
Last Modified: 21 Dec 2021 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56834

Actions (login required)

View Item View Item