Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU

SRI AMELIA, - (2021) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

SRI AMELIA (2021) : KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativias Guru Pendidikan Agama Islam Menumbuhkan Minat Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepenuhan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepenuhan. Populasi penelitian ini adalah guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 2 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kreativitas guru Pendidikan Agama Islam menumbuhkan minat belajar pada siswa dikategorikan sudah terlaksana dengan baik. Hal ini diketahui dari rekapitulasi hasil observasi sebesar 80,25 %. Hasil ini berada pada rentang 61- 80 % yang berarti Baik. Faktor pendukung yang mempengaruhi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam menumbuhkan minat belajar pada siswa meliputi penggunaan media belajar yang kreatif seperti media audio, audio visual, media kartu kata dan media gambar; penggunaan strategi mengajar kreatif dan bervariasi seperti diskusi, kelompok, ceramah, tanya jawab; serta penugasan Pengelolaan kelas yang kreatif seperti formasi liter-U dan berkelompok. Penerapan kreatifitas guru mendapatkan respon yang baik dari siswa, dan menumbuhkan minat belajar siswa. Kata Kunci:Kreativitas, Guru PAI, Minat Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:10
Last Modified: 10 Dec 2021 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56793

Actions (login required)

View Item View Item